Hubungan Respon Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat(IGD) Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di RSUD Doloksanggul Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2023
DOI:
https://doi.org/10.70751/stikeskbdoloksanggul.v1i1.69Keywords:
Respon Time, Tingkat Kepuasan Pasien di IGDAbstract
Latar Belakang: Rumah sakit khususnya Instalasi gawat darurat mempunyai tujuan agar tercapai pelayanan kesehatan yang optimal pada pasien secara cepatdan tepat serta terpadu dalam penanganan tingkat kegawat daruratan sehingga mampu mencegah resiko kecacatan dan kematian (to save life and limb) dengan respontime selama 5 menit. Beragamnya jenis penyakit dan kondisi pasien, serta banyaknya kunjungan yang datang bersamaan ke IGD telah mengakbatkan kepadatan di IGD. Tujuan: untuk mengetahui apakah terdapat hubungan respon time perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di RSUD Doloksanggul Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2023. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain crosssectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei di RSUDDoloksanggul Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan.Popul asi sebanyak 561orang dan pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 41 orang. Hasil: Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian diolah dengan uji chi-square dengan nilai ? 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel respon time memiliki hubungan dengan tingkat kepuasan pasien menggunakan uji chi square dengan tingkat kepuasan 60% dimana p value 0,035 < ? 0,05.. Diskusi: Tingkat cepat tanggap pelayanan IGD terhadap pasien yang datang akan sangat berpengaruh terhadap sebuah kepuasan pelanggan / pasien, pengetahuan dan kompeten seorang petugas IGD akan membentuk sebuah manajemen di IGD akan menjadi baik,dan seiring membaiknya sebuah manajemen IGD untuk melayani pasien yang datang ke IGD semakin membaik.












